Cara Membuat Daftar Isi Berdasarkan Kategori pada Blogspot

Minggu, 17 November 2013

Daftar isi merupakan salah satu fitur di dalam sebuah blog yang mempunyai fungsi untuk lebih mengetahui keseluruhan postingan yang terdapat pada suatu blog tertentu. Biasanya daftar isi terletak pada sebuah sidebar ataupun pada halaman blog, hal ini tentu saja bertujuan untuk memudahkan para pembaca dalam mencari sebuah artikel tertentu sesuai dengan minat membaca mereka. Banyak blogger yang belum mengetahui bagaimana cara mudah dan sederhana dalam pembuatan daftar isi pada sebuah blog secara manual meskipun seperti yang diketahui Blogspot sendiri sudah menyediakan sebuah fitur yang melampirkan daftar artikel secara otomatis yang terdapat pada sidebar mereka dengan melakuka peraturan pada bagian tata letak.


Seperti biasa pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menjelaskan salah satu daftar isi yang sering dipakai oleh para blogger, yaitu membuat daftar isi secara manual sesuai dengan label/kategori tulisan yang tertera pada suatu blog. Daftar isi jenis ini memiliki keunggulan dalam menampilkan semua postingan yang terlihat lebih tertata rapi dan juga lebih terlihat menarik. Melihat keunggulan tersebut tentu saja daftar isi jenis ini lebih sering digunakan, karena pada umumnya kebanyakan daftar isi hanya menampilkan keseluruhan artikel pada blog tersebut sehingga menyulitkan para pembaca dalam mencari sebuah postingan sesuai dengan kategori yang mereka inginkan. Untuk lebih mengetahui bagaimana cara membuatnya, perhatikan dan ikuti langkah-langkah berikut ini:

 Langkah-langkah pada kolom HTML/JavaScript :

  1. Masuk ke akun blog kalian (Dashboard)
  2. Setelah itu pilih bagian Tata Letak » Tambahkan Gadget » HTML/JavaScript
  3. Kemudian copy kode di bawah ini, dan sisipkan tepat di dalam Kolom HTML tersebut:
    Keterangan :
    » "gantialamatblogkalian.blogspot.com" = ubahlah kode berwarna biru tersebut dengan URL blog kalian
    » max-results=9999 = ubahlah kode berwarna merah tersebut sesuai dengan jumlah maksimal tulisan/postingan yang kalian inginkan
  4. Langkah selanjutnya adalah simpan dan lihatlah hasilnya pada blog kalian
Keterangan:
Langkah seperti ini juga dapat kalian terapkan pada bagian halaman/postingan blog kalian, kalian hanya cukup mengaturnya sesuai dengan format yang kalian inginkan.
Share this article :
Comments
0 Comments

0 Komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Design by : Yudha Qirana
Copyright © 2013. Dream Art Volution - All Rights Reserved
Creative by : Dwi Haryanto | Inspired by Dream Art Volution
Proudly powered by Blogger