Cara Mudah Agar Postingan Blog Tidak Bisa Di Copy

Rabu, 30 Oktober 2013

Banyak para blogger yang merasa kesal ketika postingannya yang dibuat dengan susah payah dan dengan pemikiran sendiri, di-copas oleh para copaser yang kemudian dengan seenaknya memposting kembali postingan itu tanpa mencantumkan link sumbernya. Tindakan copaser yang semacam ini sangat tidak bermoral, apalagi jika mereka mengakui bahwa itu merupakan karya aslinya.


Setiap masalah pasti ada solusinya, begitu juga dengan masalah copas. Banyak cara yang dapat dilakukan blogger untuk mengantisipasi tindakan para copaser, namun ada cara yang lebih mudah dilakukan, yaitu dengan memproteksi postingan dengan JavaScript. Oke, langsung saja kalian ikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Seperti biasa, masuklah ke dashboard Blogger kalian
  2. Kemudian pilih bagian Template » Edit HTML
  3. Carilah kode ]]></b:skin> dengan menggunakan Ctrl + F atau bisa juga secara manual
  4. Letakkan kode berikut ini di atas kode ]]></b:skin>
  5. Simpan template kalian dan lihatlah hasilnya
Saran saya untuk para copaser, sebaiknya kalian lebih menghargai hasil karya orang lain. Jika kalian ingin meng-copas dan memposting kembali artikel tersebut di blog kalian, berusahalah untuk mengolah/memodifikasi isi dari artikel yang kalian copas agar tidak adanya kesamaan 100% di dalam penulisan yang sama. Jika memang kalian harus meng-copas full artikelnya, jangan lupa untuk mencantumkan sumber artikel tersebut (backlink) atau setidaknya kalian menghubungi penulis untuk meminta izin. Hal ini bertujuan agar tidak adanya kesalahpahaman. "Ingatlah, sebaik-baiknya karya adalah karya yang dibuat dengan usaha dan pemikiran sendiri serta diiringi dengan doa. Hargailah orang lain jika kalian juga ingin dihargai".
    Share this article :
    Comments
    0 Comments

    0 Komentar:

    Speak up your mind

    Tell us what you're thinking... !

     
    Design by : Yudha Qirana
    Copyright © 2013. Dream Art Volution - All Rights Reserved
    Creative by : Dwi Haryanto | Inspired by Dream Art Volution
    Proudly powered by Blogger